Saturday, May 4, 2024

Empat P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Perubahan)

 

Empat P
(Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Perubahan)

 

No

Pertanyaan 

Jawaban

1

Peristiwa apa yang terjadi?

Pendidikan yang memerdekakan adalah sebuah pendekatan dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk memberdayakan peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih luas. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk menjadi individu yang lebih mandiri, kreatif, dan kritis. Pendidikan yang memerdekakan juga harus memberikan kesempatan kepada individu untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka. Hal ini dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan solusi terbaik untuk setiap masalah yang dihadapi.

2

Perasaan apa yang muncul?

Bahwa anak membawa hak dengan kodrat-nya masing-masing maka sebaiknya guru tidak membandingkan anak yang satu dengan anak yang lain, tidak membandingkan pendidikan yang dulu dengan pendidikan sekarang karena memang zamannya sudah berbeda dengan ketika kita sekolah dulu. Hal ini yang harus di terima oleh guru sebagai bagian dari perubahan dalam menyesuaikan dengan tuntutan zaman. trategi pendidikan yang memerdekakan dapat diterapkan dalam sistem pendidikan sebagai berikut pertama pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah strategi pendidikan yang memerdekakan yang menempatkan siswa sebagai pusat dari proses pembelajaran.

3

Pembelajaran apa yang diambil?

Memberikan insiatif guru-guru dalam Pendidikan yang Memerdekakan yaitu penerapan pembelajaran yang bediferensiasi di kelas yang harus berbeda dengan sajian model pembelajaran konvensional maupun praktik baik disekolah dalam menemukan bagi pemimpin pembelajaran.

4

Bagaimana pembelajaran dapat digunakan di masa depan?

Menjaga komitmen diri untuk terus semangat dalam meningkatkan kolaborasi dan komunikasi yang efektif diantara guru dengan guru, serta antara guru dengan kepala sekolah, bahkan komunikasi dengan peserta didik. Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, diperlukan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak terkait, termasuk pemerintah, institusi pendidikan, guru, orang tua, dan masyarakat. Pemerintah perlu menyediakan dana dan sumber daya yang memadai untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sedangkan institusi pendidikan perlu mengembangkan kompetensi guru dan memperbaiki fasilitas dan teknologi yang ada. Guru perlu meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam mengaplikasikan strategi-strategi pembelajaran yang memerdekakan, sedangkan orang tua dan masyarakat perlu memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya.

No comments: