Lingkaran Emas Pribadi
(Golden Circle)
Nama :
Asal Kota/Kabupaten :
Provinsi :
WHY (tujuan: alasan,
keyakinan, motivasi)
Tujuan : Memberikan
kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas dan mutu pendidikan yang
secara berpihak pada murid Alasan
: Karena
pemanfaatan kemampuan yang saya miliki berdasarkan profesi saya sebagai
pendidik dengan mempelajari modul yang disediakan dalam kegiatan pembekalan
sebagai acuan pedoman bagi perbaikan pendidikan masa depan Keyakinan
: Bisa
mengatur waktu dan memanajemen dalam mengikutinya melakasanakan tugas dengan
tanggung jawab terhadap rekan guru lain yang mempunyai semangat belajar yang
bisa berkolaborasi dan berbagi Motivasi
: Membekali
diri saya dengan seoptimal mungkin sebaik baiknya serta memberikan peran
sebagai pengajar praktik yang handal |
HOW (strategi dan kebutuhan)
Strategi
: -
Disiplin dalam mengikuti pelatihan/pembekalan -
Fokus dan terarah mengikuti pelatihan/pembekalan -
Akatif berpartisipasi
dalam ide dan pendapat pada sesi pelatihan/pembekalan -
Berkolaborasi maupun berbagi secara baik Kebutuhan
: -
Mengakses dan membaca literasi materi di LMS -
Media Laptopdan koneksi internet yang stabil -
Persediaan kuota internet -
Pengatuan waktu yang teratur |
WHAT (langkah-langkah konkrit
dan waktu yang dibutuhkan)
Langkah Konkret yaitu -
Menghadap pimpinan meminta ijin dan dukungan dari
kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan Pengajar Praktik -
Meminta bantuan kepada rekan sejawat/guru piket untuk
menginval siswa yang saya ajar selama mengikuti pelatihan -
Membuka laptop dan operasional internet 15 menit
sebelum pembelajaran dimulai -
Sebelum masuk sesi sinkronus, saya mengerjakan tugas,
membaca materi dan mencatatpoin poin yang akan saya tanyakan atau perjelas
(sebelum dimulai instruktur dan rekan CPP disesi sinkronus) -
Aktif berdiskusi saat sesi sinkronus -
Mencari tempat yang tenang dan aktivitas yang
mengganggu pelatihan -
Mengatur kembali jadwal harian agar tidak bentrok
jadwal lainnya -
Membangun komunikasi aktif dengan rekan teman sejawat -
Berkolaborasi dan berbagi praktik baik. |
Contoh Linimasa
Tujuan 1 Memberikan
kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan |
|||
|
Waktu |
Daftar Cek
Harian* |
|
-
Strategi 1: Berkolaborasi dengan stakeholder sekolah |
|||
Langkah-langkah |
a.
Melakukan
konsultasi bersama atasan |
Minggu 1 |
●
|
|
b.
Berkolaborasi
dengan rekan sejawat |
Tanpa batas waktu |
●
|
|
c.
Melakukan
kerjasama dengan murid |
Tanpa batas waktu |
●
|
-
Strategi 2: Kolaborasi dengan pihak luar sekolah |
|||
Langkah-langkah |
a.
Sosialisasi
kepada orang tua |
Minngu 1 |
●
|
|
b.
Berkolaborasi
dengan masyarakat sekitar sekolah |
Tanpa batas waktu |
●
|
|
c.
Meminta
dukungan dari keluarga |
Tanpa batas waktu |
●
|
Strategi 3: Managemen waktu |
|||
Langkah-langkah |
a.
Membuat
daftar target kegiatan berdasarkan urgensinya |
1 hari |
●
|
|
b.
Membuat
jadwal kegiatan |
1 hari |
●
|
|
c. Membuat ceklis keterlaksanaan kegiatan |
1 hari |
●
|
Tujuan 2: Menggerakan Komunitas |
|||
|
Waktu |
Daftar Cek |
|
Strategi 1: Disiplin dalam mengikuti
pelatihan/pembekalan |
|||
Langkah-langkah |
|
15 menit sebelum dimulai setiap hari |
●
|
|
|
Setiap ada tugas pelatihan |
●
|
|
c. Megevaluasi agenda/tugas hari ini dan
akan datang |
Evaluasi Ceklist/belum agenda |
●
|
Strategi 2: Fokus dalam Pelatihan |
|||
Langkah-langkah |
|
Setiap hari |
●
|
|
|
Setiap hari |
●
|
|
c. dst |
|
●
|
Strategi 3: Aktif dalam Pelatihan |
|||
Langkah-langkah |
|
Setiap hari |
●
|
|
|
Siang hari |
●
|
|
c. dst |
|
●
|
Strategi 4: Diskusi Kelompok yang solid
dan berkolaborasi |
|||
Langkah-langkah |
|
Setiap hari |
●
|
|
|
Setiap hari |
●
|
|
c. Komunikasi aktif |
Setiap hari |
●
|
No comments:
Post a Comment