Friday, February 3, 2012

Dimulai Keteladanan Orang Tua


Ketika saya dipercayakan narasumber oleh RRI dalam diskusi mengelola uang bagi anak selasa lalu, sangat beragam permasalahan yang ada bagi orangtua. Ada yang mengalami stres terhadap anaknya, yang tidak peduli pengorbanan kerja keras orang tua, ada yang merasa jauh terpisah jarak, bahkan anak hanya minta jatah uang terus menerus dan lain sebagainya. Hal ini saya memberikan pembahasan secara detail bahwa keteladanan orang tua sangat penting dan diperlukan bagi si Anak. Jika orang tua membimbing dengan bersungguh-sungguh dan komitmen dalam menghadapi tantangan global dunia tentunya bisa diatasi sedikit demi sedikit. Mengelola uang bagi anak tentu tidak mudah, perlu pengertian dan pemahaman karakter anak mulai dari anak mengenal uang, belajar menabung hingga bisa memberikan rasa kebersamaan dalam kepedulian si Anak.
Tips yang saya berikan yaitu :
1. Jadikanlah anak selalu hemat dan tidak mudah tergiur yang bersifat materialistik dan itupun harus diikuti dengan keteladanan bagi orang tua juga.
2. Selalu diajarkan anak untuk selalu melatih anak bekerja di rumah ketika ingin mendapatkan uang jajannya lebih, sehingga anak mandiri dan tidak mudah malas seperti menyapu, mengepel lantai dan lain sebagainya
3. Seringlah berkunjung silaturahim kepada tetangga, saudara yang tidak mampu sehingga anak merasakan bahwa mencari uang sesungguhnya memerlukan pengorbanan yang besar dan kerja keras.
4. Hasil tabungan berbelanja bagi si Anak hendaknya mengajak anak membeli barang yang bermanfaat bukan hura-hura. seperti anak berkunjung ke toko buku, perpustakaan, barang kerajinan dan lain-lain.
5. Seringlah berkomunikasi antara orang tua dan Anak, karena kunci kejujuran dimulai dari bertemunya dan berdiskusi kedua pihak sehingga terhindar pencurian, kurang percaya diri dll. Maka dimulai dari keberanian untuk memberikan sharing (pendapat)/keputusan yang dialami anak..
6. Perbanyak doa dan dzikir, agar selalu menjadi anak yang saleh karena kelebihan atau kemampuan Anak di ilhami dari bantuan tuhan, juga tidak lupa memberikan reward jika anak sudah berhasil mengelola uang dengan baik sebagai hadiah prestasi anak.
Demikian tips yang saya berikan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Dian Parikesit.S.Pd

No comments: