Wednesday, July 4, 2012

Teknologi Modern Dunia Pendidikan ?


Di era modern saat ini, hampir semua aspek kehidupan tak terlepas dari pengunaan teknologi. Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, turut membawa perubahan yang signifikan terhadap laju perkembangan pola hidup masyarakat dan juga mempengaruhi cara kita dalam berkomunikasi, tak terkecuali dalam hal Pendidikan.
Penggunaan teknologi untuk pendidikan merupakan cara pemanfaatan teknologi dalam rangka memudahkan proses kegiatan belajar mengajar dan mempermudah akses informasi bagi para siswa atau mahasiswa.
Pendidikan merupakan sebuah sistem kegiatan belajar mengajar yang tidak boleh dipisahkan dari Perkembangan teknologi modern saat ini. Pendidikan haruslah benar-benar bisa dijadikan acuan bagaimana pemanfaatan teknologi dapat diterapkan secara efektif. Karena Pendidikan merupakan pintu gerbang bagi seseorang untuk menimba ilmu dalam rangka meningkatkan taraf sumber daya manusia menjadi lebih berkualitas. Pemanfaatan teknologi yang menyeluruh dalam ranah pendidikan merupakan cara yang tepat untuk mempermudah kita dalam memahami materi yang diberikan. Selain untuk memudahkan kita dalam memahami materi, Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan juga dapat membuat kita lebih mengerti akan pemanfaatan teknologi sebagai sarana belajar yang baik dan efisien.
Kegiatan belajar mengajar di era modern saat ini tidak lagi harus terpaku dengan pandangan yang tetap bersikukuh bahwa pemanfaatan teknologi tersebut hanya akan membuat para siswa menjadi manja dan mengisolasi para siswa untuk berkreasi. Pandangan tersebut jelas-jelas salah, karena dengan pemanfaatan teknologi, kemudian akan tercipta suasana belajar yang nyaman dan memungkinkan siswa untuk menyerap ilmu lebih banyak dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang monoton dan mengabaikan pemanfaatan teknologi sebagai sarana penunjang belajar.
Pendidikan selalu mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi modern yang terus-menerus mengalami pembaharuan. Kemajuan teknologi tersebut mendorong para guru untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan teknologi di dalam proses belajar mengajar. Guru dituntut untuk dapat menerapkan penggunaan teknologi dengan baik dengan tidak mengabaikan nilai-nilai pendidikan itu sendiri.
Pemanfaatan teknologi yang efisien pun harus dimanfaatkan sebaik mungkin di dalam proses belajar mengajar, karena dengan pemanfaatan tersebut dapat mempermudah cara pengajar dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan para siswa di dalam kelas.
Kebutuhan akan teknologi dalam ranah pendidikan bukanlah hal yang baru, pemanfaatan teknologi untuk membentuk ruang kelas yang kondusif dan inovatif sebenarnya merupakan sarana penunjang belajar yang baik di dalam kelas. Pemanfaatan tersebut terbukti berperan besar dalam kelancaran proses belajar mengajar di kelas antara guru dan siswa.
Namun tentunya guru tidak hanya harus terpaku pada pemanfaatan teknologi dengan mengabaikan nilai-nilai pendidikan. Maksudnya adalah cara atau metode mengajar guru yang diterapkan di dalam kelas. Pemanfaatan tersebut harusnya juga tidak membuat guru malas dalam mengajar karena merasa bahwa teknologi sudahlah cukup sebagai sarana untuk penyampaian materi. Hal tersebut memang ada benarnya, namun hendaknya guru lebih memahami efisiensi pemanfaatan teknologi tersebut dan benar-benar mengajar dari hati. Karena walaupun dengan penerapan teknologi yang baik, namun dengan cara mengajar yang kurang atraktif, akan membuat siswa bosan di dalam kelas.
Banyak cara yang dapat dilakukan institusi pendidikan dalam pemanfaatan teknologi dalam ranah pendidikan. Seperti penggunaan laptop untuk mempermudah guru ataupun siswa untuk mempresentasikan hasil yang telah disajikan dalam bentuk penyajian presentasi dengan perpaduan slide antara gambar dan teks. Penggunaan perangkat teknologi tersebut terbukti membuat para siswa nyaman dan mempermudah menyerap materi yang disajikan dalam bentuk hasil presentasi.
Penerapan atau pemanfaatan teknologi dalam ranah pendidikan di Indonesia bisa dibilang sudah cukup baik. Contohnya saja pemanfaatan dalam institusi pendidikan yang memang benar-benar membutuhkan sarana teknologi sebagai media interaksi dalam menyajikan materi kepada siswa. Selain itu, pemanfaatan tersebut akan membuka mata kita terhadap dunia luar, dan terhadap laju perkembangan teknologi global yang begitu pesat. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemanfaatan teknologi yang baik dalam pendidikan telah membantu dan memudahkan guru dalam penyajian materi. Serta membuka mata kita akan perkembangan teknologi dalam dunia global yang semakin modern. Administrasi sekolah yang modern bukan manual, pembelaran elerning bahkan media buku ebook digital yang praktis harus didukung sehingga tidak lagi dengan manual secara keseluruhan. Pengolahan nilai dibuat sistem program yang modern bahkan kraetivitas siswa yang unik dan super canggih membuat siswapun akan tambah menjadi semnagat. Jadi semua perlu teknlogi serba modern dan tentunya harus berprestasi bagi siswa maupun peningkatan instansi dunia pendidikan.

No comments: