Sunday, February 20, 2011

Komunikasi Guru dan Orang tua

Komunikasi Guru dan Orang tua


Komunikasi dengan orang tua / wali merupakan salah satu tanggung jawab terbesar bagi seorang guru. Meskipun Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan mempengaruhi kehidupan anak-anak, mereka akhirnya kembali kepada orang tua. Jika Anda gagal untuk menjaga komunikasi dengan orang tua tentang kemajuan anak mereka di sekolah, Anda akan kehilangan kesempatan yang sangat bagus untuk membuat jembatan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan anak. Orang tua dan guru harus bekerja sama untuk memastikan anak-anak belajar secara efektif dan mendapatkan yang terbaik bagi pendidikan mereka.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa Anda sebagai guru bisa berkomunikasi dengan orang tua secara efektif adalah dengan menggunakan formulir dan catatan yang dikirim ke rumah secara berkala untuk membiarkan orang tua tahu perkembangan anak mereka di sekolah. Contoh-contoh formulir dan catatan mungkin mencakup:
Pemberitahuan tugas yang belum selesai
Catatan tentang perbuatan baik yang dilakukan anak
Buku catatan setiap kali guru berkomunikasi dengan orang tua
Kelas newsletter
Surat untuk meminta orang tua datang dan membantu di dalam kelas
Manfaatkan pertemuan orang tua-guru. Tentu saja Anda akan memiliki informasi untuk berbagi dengan orang tua di pertemuan ini, tetapi anda harus menyadari bahwa orang tua akan memiliki pertanyaan yang ingin mereka tanyakan juga. Berikan mereka waktu untuk mengungkapkan pikiran mereka kepada Anda, dan tidak membuat mereka merasa diburu-buru karena ada janji di belakang mereka. Jika ada orang tua yang tidak bisa hadir, anda harus membuat upaya untuk bertemu dengan mereka di waktu yang lain sehingga Anda dapat memberikan perhatian penuh.
Manfaatkan kemajuan teknologi. Anda hanya membutuhkan satu menit atau kurang untuk mengirim e-mail ke orang tua dan memberitahu perkembangan anak mereka. Anda bisamengedarkan formulir permintaan alamat e-mail pada awal tahun ajaran, dan orang tua yang memilih untuk menerima pesan yang dikirim kepada mereka akan menghargai bahwa Anda benar-benar menindaklanjuti ini, setidaknya setiap bulan.
Jika sekolah Anda memiliki sebuah situs web, pastikan untuk memajang alamat situs di kelas Anda. Update situs mingguan dan biarkan orang tua tahu bagaimana menemukan kelas Anda. Ini adalah cara yang baik untuk berkomunikasi dengan orang tua, dan tidak perlu berbicara langsung kepada mereka sepanjang waktu. Mereka akan tetap mengikuti hal-hal baru yang terjadi, dan Anda akan memiliki kepuasan yang luar biasa.
Kadang-kadang orang tua enggan menghubungi guru karena mereka merasa terlalu sibuk. Anda perlu mengambil inisiatif. Mungkin Anda dapat mengatur orang tua untuk berkunjung ke sekolah selama sehari. Biarkan orang tua melihat anak mereka di kelas dan apa yang diajarkan kepada mereka.
Kunci untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang tua adalah:
Lakukanlah sesering mungkin. Jangan biarkan bulan berlalu tanpa kabar dari Anda apa yang terjadi di kelas dan bagaimana anak mereka bermasalah.
Bersikaplah jujur. Panggillah orang tua ketika anak mereka memiliki perilaku atau kesulitan belajar di kelas.
Tetap teratur. Ingatlah bahwa ketika Anda berbicara dengan orang tua tentang anak mereka, mereka benar-benar hanya tertarik pada anak mereka, tidak seluruh kelas. Orang tua akan menjadi tidak sabar jika mereka harus menunggu Anda untuk mencari catatan tentang anak mereka di bawah tumpukan kertas lainnya. Berikan kesan bahwa Anda tertarik pada anak mereka.

No comments: