Monday, January 7, 2013

Membuat Desain Presentasi Dengan model Sticky SPY



Bagaimanakah cara membuat desain presentasi yang memiliki dampak kuat terhadap audiens?
Bagaimana membuat slide presentasi Anda tampil indah dengan pendekatan yang berbeda dari kebanyakan slide yang dibuat orang?
Silakan simak presentasi berikut ini dari Sticky SPY Presentation dan simak ulasan lengkapnya.



Berikut adalah langkah-langkah membuat presentasi yang tampil beda dengan pendekatan SPY:

1. Hindari bullet point

No Bullet Point
Sudah terlalu banyak slide presentasi berbentuk bullet point. Audiens akan bosan melihatnya. Ada banyak cara menghindari bullet point yang tidak perlu. Salah satunya Anda bisa belajar dari kumpulan slide inspiratif.

2. Sederhana

Simple and Engaging Slide
Presentasi Anda tampil agar dipahami oleh audiens. Pilih bahasa yang sederhana. Gunakan gambar yang membantu audiens memahami maksud slide Anda dengan cepat.

3. Pahami pendekatan Sticky SPY

Sticky SPY Approach
Apakah pendekatan Sticky SPY tersebut?
Presentasi Anda harus SIMPLE + PERSUASIVE + YOUTH = STICKY.
Sederhanakan slide Anda. Pilih gambar dan kata yang mampu menggugah dan membujuk audiens. Tampil segar dengan gambar yang menarik dan kata-kata yang bersemangat. Dengan demikian, presentasi Anda akan menjadi STICKY, melekat dengan kuat dalam benak audiens.

4. Ubah bullet point menjadi slide teks yang lebih menarik

Text Without Bullet
Ada kalanya slide Anda hanya perlu menggunakan teks. Belajarlah menampilkan teks tersebut dengan lebih menarik tanpa harus membuatnya menjadi bullet point. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan menciptakan kontras.

5. Gunakan gambar

Power of Images
Sebuah gambar  bisa mewakili seribu kata. Anda bisa mengganti sebuah slide penuh teks hanya dengan sebuah gambar yang tepat. Ya, gunakan kekuatan gambar untuk memperkuat aspek visual slide Anda.

6. Tampilkan data secara menarik

Exciting Number
Setiap data memiliki cerita di baliknya. Ini dapat dilakukan jika Anda mampu mengubah data menjadi angka-angka yang bermakna. Angka-angka yang memiliki cerita di dalamnya. Silakan pelajari bagaimana menampilkan data dalam grafik yang berbeda.

7. Gunakan Rule of Third

Rule of Third
Fotografer dan ahli d esain profesional selalu menggunakan prinsip rule of third. Coba bagi sebuah slide ke dalam tiga bagian vertikal dan horizontal. Titik-titik pertemuan antara garis vertikal dan horizontal tersebut adalah tempat yang memiliki kekuatan magis dari Rule of Third yang mampu membuat gambar dan slide Anda mempesona.

8. Gunakan transisi secara tepat

Transition Magical Effect
Transisi dan animasi dalam sebuah presentasi bukanlah untuk dekorasi. Fungsi transisi dan animasi adalah untuk memberi penekanan terhadap slide Anda. Anda bisa belajar bagaimana membuat transisi dan animasi yang membantu memperkuat pesan, bukan malah mengaburkannya.

Demikianlah beberapa tips membuat desain presentasi dengan pendekatan SPY. Secara khusus Anda bisa belajar dari buku Sticky Presentation yang ditulis Ang Tian Teck, seorang ahli presentasi dari Singapura.

Presentation Design Consideration

Selamat belajar dan memberi inspirasi.

Credit: Sticky Presentation

No comments: