Tuesday, August 11, 2020

Aplikasi ChatAja karya anak bangsa Gunakan AI untuk Menghadirkan Pengalaman Ngobrol dengan Idola

 

Lebih Seru Ketimbang WhatsApp dan Telegram, Ayo Install ChatAja ...

ChatAja menghadirkan fitur baru berupa tab "Figur Publik" yang memungkinkan pengguna ChatAja untuk "mengobrol" dengan figur publik tertentu melalui ChatAja. Saat menyampaikan fitur baru tersebut hari ini, ChatAja telah menggandeng empat figur publik tanah air. Menariknya, fitur baru itu pun menggunakan AI (artificial intelligence) berupa chatbot sehingga pengguna ChatAja bisa mengobrol dengan idolanya tersebut kapan saja melalui aplikasi pesan instan berbasis cloud bersangkutan.

“Berkurangnya interaksi sosial di masa pandemi ini memacu kami untuk berinovasi dengan menghadirkan akun resmi Figur Publik yang menjembatani interaksi antara idola dan para fansnya,” ujar Reza Akhmad Gandara (Co-Founder & CEO ChatAja). “Akun-akun resmi dalam tab Figur Publik di fitur Jelajah ini dapat dengan mudah diakses para pengguna secara bebas baik melalui aplikasi seluler maupun laman web ChatAja kapan pun dan di mana pun,” jelas Reza Akhmad Gandara lagi.

Selain dikelola langsung oleh figur publik, akun resmi Figur Publik, seperti telah disebutkan, turut ditenagai AI berupa chatbot. Namun, bukan "sekadar" chatbot, ChatAja menggunakan AI yang telah belajar gaya bicara, kepribadian, sampai sapaan khas dari masing-masing figur publik. Tak hanya itu, chatbot tersebut juga akan terus belajar seiring waktu. Tujuannya tentu agar pengalaman mengobrol dengan idola melalui ChatAja memanfaatkan AI makin menyerupai aslinya.

 

Bahkan, chatbot bersangkutan akan mempelajari pula perilaku pengguna sejalan dengan bertambahnya interaksi. Chatbot akan menambahkan lebih banyak kosakata, tanggapan, dan topik pembicaraan seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengguna yang memanfaatkan Figur Publik.

Sejauh ini terdapat empat figur publik pada Figur Publik ChatAja, yakni Raditya Dika, Rachel Vennya, Maell Lee, dan Adinda Thomas. Para figur publik juga akan membagikan daftar pertanyaan spesifik yang dapat ditanyakan oleh para pengguna ChatAja untuk makin memperkaya obrolan.

“Gue ngerasa bangga bisa dilibatkan dan merasakan langsung pengembangan teknologi AI di aplikasi karya anak bangsa ini,” sebut Raditya Dika yang merupakan salah satu figur publik pada Figur Publik ChatAja. “Gue berharap nantinya ChatAja bisa terus berkembang dan maju bersaing di dunia internasional,” pungkasnya.

No comments: