Tuesday, August 11, 2020

Macam macam Presentasi media pembelajaran Jarak Jauh

Inspiratif! Ketua RT Ini Memberikan Solusi yang Manjur Untuk PJJ ...

Berlatih presentasi itu penting bagi para guru dan siswa di sekolah, rumah, kantor dan lain lain. Karena di jenjang perguruan tinggi untuk mendapat gelar sarjana, mahasiswa harus presentasi dalam sidang skripsi disamping tugas-tugas mata kuliah yang harus dipresentasikan. Begitu juga ketika ingin memperoleh gelar magister atau doktor bahkan professor. Sepandai-pandainya peneliti jika tak mampu mempresentasikan hasil penelitiannya maka akan berkurang kebermanfaatannya. Sepandai-pandainya dosen atau guru namun tak mampu mempresentasikan kepandaiannya dihadapan para penuntut ilmu apalah gunanya kepandaian anda.

Tugas presentasi jangan sampai menjadi beban bagi para siswa. Membuang-buang waktu peserta didik namun minim substansi ilmu pengetahuan. Membuang jam pelajaran namun dengan daya serap kognitif yang sangat minim. Usai presentasi siswa tak dapat ilmu lebih banyak ketimbang diajar guru dengan menggunakan metode ceramah. Siswa juga terkadang tak tahu bahwa presentasi adalah momentum untuk belajar menyampaikan informasi di depan umum.

 

Mereka lebih beranggapan presentasi adalah sarana untuk mempermalukan diri mereka karena mereka tak tahu detail apa yang mereka bicarakan. Generasi seperti ini nantinya kalau kuliah sidang skripsinya tak akan optimal, ilmunya tak akan meresap ke sanubari, kelak jika menjadi guru atau dosen juga tak pandai mengajar dan tak memberikan sumbangsih berharga bagi dunia ilmu pengetahuan. Apalagi di negeri ini gelar akademik terkadang lebih dihargai ketimbang kualitas diri, tambah rusak saja ranah pembelajaran dan distribusi ilmu pengetahuan.

Mengarahkan siswa agar mampu menyajikan informasi secara tepat melalui sebuah presentasi tentunya menjadi tanggung jawab seorang guru. Karena bisa jadi kemampuan presentasi yang kita asah pada diri peserta didik kita suatu saat akan mendulang manfaat yang besar bagi diri siswa itu sendiri, bagi karirnya, jenjang pendidikannya, bahkan kehidupannya dimasa yang akan datang. Oleh karena itu memberikan tugas presentasi kepada siswa bukan hanya sekedar selingan pembelajaran namun harus menjadi sebuah strategi yang telah direncanakan secara sistematis dan berkesinambungan. Siswa harus mulai belajar presentasi dari yang sederhana secara bertahap hingga hal yang kompleks.

Dan yang terpenting, memberikan tugas presentasi harus disertai materi pengantar yang jelas, sistematika yang terstruktur, dan motivasi. Hal ini ditujukan agar siswa dapat mempersiapkan diri dan memanfaatkan kesempatan mempresentasikan informasi untuk mengasah kemampuan individual serta kerja sama tim. Ibarat kita menyuruh anak berlayar, bekali dulu dengan kemampuan navigasi, kapal layar yang kokoh, serta pelabuhan tujuan. Jangan hanya menyuruh berlayarlah, tanpa kemampuan navigasi, kapal yang compang camping, serta tanpa arah tujuan, niscaya kapal akan karam di tengah lautan.

Contoh aplikasi program presentasi melalui via zoom meeting, WhatsApp, Instagram, Facebook, Google meeting, Jitsi, Youtube dan lain lain

Sarana penunjang untuk membuat rekaman presentasi bisa Anda download free dengan menggunakan aplikasi FastStone Capture, Kinemaster, Bandicam, Zoom meeting, Youtube, Corel Draw Studio dan masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan secara gratis, namun yang lebih penting aplikasi rekaman presentasi tidak memakan banyak kapasitas size atau kapasitas kuota upload yang tidak besar sehingga lebih efesien dan hemat waktu dalam penggunaannya. Demikian itulah tips dalam aplikasi program presentasi media pembelajaran jarak jauh.

No comments: