Thursday, March 17, 2016

Leadership dan Komunikasi

Inilah tips leadership dan komunikasi Dale Carnegie. Beliau seorang penulis dan pengajar dan seorang trainer sekaligus motivator berkebangsanan Amerika Serikat. Ia banyak melatih dan memberikan motivasi di berbagai kursus pengembangan diri, marketing, keuangan, public speaking danketerampilan interpersonal.
Tulisan ini adalah versi bebas dari mind-map oleh Aaron W yang merupakan ihtisar dari buku fenomenal How to Win Friends and Influence People oleh Dale Carnegie.  Cara mengambil hati rekan-rekan Anda dan mempengaruhi banyak orang.

3 Teknik dasar menangani manusia

Bergaul dengan banyak orang memerlukan banyak skill komunikasi agar interaksi anda berhasil dan membawa tujuan positif anda semakin mudah diterima di tengah-tengah mereka. 3 teknik paling mendasar itu adalah sebagai berikut:
  1. Hindari mengkritik, menyalahkan, dan meng-komplain.
  2. Berikan apresiasi dan rasa hormat dengan jujur.
  3. Tumbuhkan semangat mereka

6 langkah agar Anda sukai banyak orang

  1. Tunjukkan bahwa Anda menaruh minat dan ketertarikan pada setiap pribadi orang lain.
  2. Murah senyum-lah.
  3. Ingatlah nama orang. Pahamilah bahwa dalam bahasa apapun, nama bagi seseorang merupakan hal indah dan penting di telinga mereka.
  4. Jadilah pendengar yang baik, dorong orang lain agar berani berbicara tentang diri mereka.
  5. Jika Anda berbicara dengan seseorang, maka gunakanlah istilah-istilah yang mereka sukai dan sering mereka gunakan.
  6. Tumbuhkan perasaan pada orang lain jika mereka penting dan dihargai keberadaannya.

12 Tips agar orang lain memahami dan mengikuti cara berpikir Anda

  1. Hindari berdebat dan beradu argumentasi.
  2. Tunjukan rasa hormat Anda terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah mengatakan, “Anda salah..!”.
  3. Jika Anda lakukan kesalahan dalam komunikasi, dengan empati lekaslah mengakuinya.
  4. Awali dengan suasana yang bersahabat.
  5. Segerakan ucapan “ya” terhadap perkataan orang lain.
  6. Jika hasil diskusi bernilai pretise, biarkan orang lain melakukannya.
  7. Jadikan orang lain merasakan jika dia bagian dari ide dan biarkan ia merasakan bahwa diskusi/komunikasi/aksi yang terjadi adalah idenya.
  8. Berusahalah secara jujur untuk melihat sesuatu dari sisi pandang dari orang lain.
  9. Bersimpatilah dengan ide dan keinginan orang lain.
  10. Jika Anda harus membantah, bantahlah dengan cara yang lebih bijak.
  11. Dramatisasikan ide-ide Anda.
  12. Jauhkan persaingan, jangan biarkan orang merasa sedang saling bersaing dengan Anda.

8 Tips kepemimpinan

Kepemimpinan adalah bagaimana mengarahkan banyak orang menuju sebuah tujuan yang semestinya. Kepemimpinan yang bijak adalah melakukan perubahan dari arah yang salahdan menuntun kepada tujuan yang benar tanpa harus menyalahkan, memarahi, menggurui, mendikte dan lain sebagainya.
Leadership dan Komunikasi Dale Carnegie
Di antara langkah-langkah tersebut adalah:
  1. Mulai dengan pujian dan apresiasi yang jujur.
  2. Tidak menunjuk kesalahan orang lain secara terang-terangan.
  3. Bicarakan kesalahan-kesalahan Anda sendiri sebelum mengkritisi kesalahan orang lain.
  4. Alih-alih memberikan perintah langsung, lebih baik ajukan pertanyaan.
  5. Jangan pernah membuat orang lain kehilangan muka.
  6. Hargai sebuah perbaikan meski itu sedikit.Dermawanlah dalam memuji.
  7. Beri orang lain reputasi yang baik agar terus hidup, jangan biarkan orang semakin mati karena kehilangan reputasinya.
  8. Tujukan orang lain senang karena melakukan hal yang Anda sarankan.
Sumber:

No comments: