Monday, August 17, 2009

Tips Mengajar Matematika di SD

Mengajar matematika untuk siswa SD merupakan hal yang penting, karena ini merupakan dasar keberhasilan belajar matematika di kemudian hari. Di sini dibutuhkan kemampuan mengingat fakta-fakta. Hal ini dikarenakan siswa yang tidak memiliki kemampuan aritmatika, harus berjuang keras di tingkat yang lebih tinggi (SMP/SMA). Meskipun demikian matematika harus menyenangkan dan menarik.
Matematika harus menyenangkan dan menarik. Ketika siswa terlibat dalam pembelajaran matematika, mereka tidak sekedar menghafalkan rumus-rumus dan fakta-fakta tertentu. Membuat lembar kerja dan menyelesaikan persoalan matematika di papan tulis akan jauh lebih menantang.

Penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif akan membawa dampak psikis pada siswa. Dan disini dibutuhkan kreatif dalam penggunaan teknologi. Berikut beberapa terobosan dalam memanfaatkan media pembelajaran matematika untuk siswa SD.

1. Tanya-Jawab
Dengan cara ini akan membuat siswa lebih memberikan respon daripada hanya menuliskan di papan dan pembelajaran yang bersifat satu arah.

2. Mengumpulkan data
Cara ini akan memberikan kesan bahwa matematika sebenarnya ada dalam diri mereka, di sekitar mereka. Dan mereka dapat mengumpulkan fakta-fakta tentang mereka dengan mudah. Misalkan menghitung panjang berbagai objek yang ada di kelas mereka.

3. Games bilangan bulat positif dan negatif
4. Multiplication Challenge
5. Geometri dalam kehidupan nyata (praktek benda di sekolah)
6. Soal-soal matematika mingguan (soal problem solving)
7. Penggunaan website matematika yang interaktif (situs websitemath)
8. Math Webquest (games math online)
9. Penggunaan Geoboards.

10.Membuat komik matematika.

11. Hartu karun

12. Membuat media math karya siswa

Tentu saja hal ini disesuaiakan dengan kondisi lingkungan sekolah Anda. Penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar dan dekat dengan kehidupan siswa menurut saya jauh akan lebih mudah terserap ke siswa. Jadi bukan hanya untuk siswa hanya untuk menghafal rumus akan tetapi siswa bisa mandiri memahami soal dan memberikan jawaban dengan tepat dan variasi dengan ide-ide karyanya.

No comments: