Wednesday, April 29, 2020

Puasa dan Kemenangan



Kedatangan bulan Ramadhan selalu disambut dengan suka cita oleh tiap Muslim yang beriman. Beragam cara mereka ekspresikan dalam menyambut bulan mulia nan penuh ampunan itu.

Tak ketinggalan, media massa juga demikian. Koran, majalah, radio, televisi dan media sosial pun beramai-ramai menyiarkan kedatangan bulan yang memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan itu dengan aneka langgam.


Bahkan, jauh sebelum 1 Ramadhan tiba —karena mesti menunggu kontroversi hisab, rukyat dan sidang isbat— televisi di Indonesia telah gencar mengkampanyekan “meraih kemenangan”, “menuju kemenangan”, “menggapai kemenangan”, dan beragam “kemenangan” lainnya.

Kampanye ini muncul setiap tahun setiap Ramadhan datang. Seolah menjadi rutinitas dan ‘kewajiban’ yang tidak bisa ditinggalkan. Entahlah, kemenangan apa yang dimaksudkan kampanye media itu? Menang melawan setan kah? Menang melawan musuh atau menang melawan diri sendiri? Saya gagal paham.

Untuk mengurangi kegagalanpahaman ini, saya mencoba membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan mencari apa arti kata “menang”. Yang saya temukan, “menang” berarti (1) dapat mengalahkan (musuh, lawan, saingan): dalam perang selalu ada yang kalah dan ada yang menang. (2) meraih (mendapat) hasil (perolehan) karena dapat mengalahkan lawan (saingan): berapa rupiah kamu menang semalam? (3) lulus (ujian): dalam ujian susulan dia menang, (4) mendapat hadiah (dalam undian, sayembara, dsb): ia menang sayembara, (5) dapat melebihi (lebih dari): bukan karena menang pandai, tetapi memang nasib baik, dan (6) dinyatakan benar (dalam perkara): terdakwa itu menang perkara.

Dalam pengertian “menang” dan “kemenangan” seperti disebutkan KBBI itu, saya belum menemukan alur yang mempertautkan kewajiban puasa Ramadhan dan kemenangan. Yang saya pahami selama ini, berdasarkan pengetahuan nan dangkal, Allah mewajibkan kaum mukmin berpuasa agar mereka bertakwa. Dalam bahasa sederhananya, agar mereka berubah menjadi lebih baik. Bukan ajang unjuk diri dalam sebuah kontestasi yang berujung kemenangan.

“Puasa itu untuk-Ku, dan Aku-lah yang membalasnya.” Begitulah penegasan Allah SWT tentang besarnya pahala bagi orang yang berpuasa, sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW dalam Sahih Bukhari.

Puasa berarti menahan; baik menahan makan, minum, bicara, dan perbuatan. Secara terminologi, puasa berarti menahan dari hal-hal yang membatalkan dengan disertai niat berpuasa. Sebagian ulama mendefinisikan puasa adalah menahan nafsu dua anggota badan —perut dan alat kelamin— sehari penuh, sejak terbitnya fajar, hingga terbenamnya matahari.

Imam an-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim dan Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fath al-Bari mengatakan, puasa secara bahasa mengandung pengertian al-imsak (menahan diri). Menurut pengertian syariat, puasa adalah menahan makan dan minum serta yang membatalkannya dengan syarat-syarat yang bersifat khusus.

Puasa juga berasal dari kata shaum. Makna asli kata shaum adalah berpantang dalam arti sebenar-benarnya (al-imsaku an al-fi’li), mencakup pula berpantang makan, bicara, dan berjalan. Kata shaum dalam arti berpantang bicara terdapat dalam Aquran surah Maryam ayat 19, “Katakanlah, aku bernazar puasa kepada Tuhan Yang Maha pemurah maka pada hari ini aku tak berbicara dengan siapa pun.”

Di lain pihak, ibadah puasa bagi umat Islam disyariatkan sejak Ramadhan tahun kedua Hijriah. “... diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS al-Baqarah: 184).

Ada pendapat mengatakan, yang dimaksud umat-umat terdahulu (orang-orang sebelum kamu) adalah sejak Nabi Adam AS. “Puasa Ramadhan diwajibkan oleh Allah SWT kepada umat-umat sebelum kamu,” kata Ibnu Abi Hatim. “Umat-umat terdahulu itu adalah ahli kitab, Yahudi, dan Nasrani.” Pendapat ini diriwayatkan dari Mujtahid dan Ibnu Abbas.

Disebutkan bahwa Nabi Adam AS ketika sampai di bumi —setelah diturunkan dari surga— segera bertobat kepada Allah SWT dan berpuasa selama tiga hari setiap bulan. Inilah yang kemudian dikenal dengan puasa Hari Putih (ayyamul al-bidh) yang juga sunah dikerjakan setiap 13, 14, dan 15 Qamariah.

Walaupun dalam Alquran dan hadis tidak dijelaskan bagaimana bentuk puasa Adam AS dan generasi setelahnya, ada sejumlah petunjuk yang menegaskan bahwa agama yang dibawa para rasul terdahulu adalah agama monoteisme yang mengajarkan kepercayaan pada keesaan Tuhan (Allah).

Misalnya, Nabi Nuh AS yang berpuasa selama tiga hari setiap bulan sepanjang tahun, seperti puasanya Adam AS. Nabi Nuh juga memerintahkan kaumnya untuk menyembah Allah dan berpuasa ketika mereka terkatung-katung di dalam perahu besar, seraya bertobat kepada-Nya.

Nabi Daud AS juga melaksanakan puasa, bahkan dalam waktu yang cukup lama —sekitar enam bulan. “Adapun hari di mana aku berpuasa adalah untuk mengingat kaum fakir. Sedangkan, hari di mana aku berbuka untuk mensyukuri nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT,” ujarnya.

Pernyataan Daud AS ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya, “Sebaik-baik puasa adalah puasa Daud, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka.” (HR Muslim).

Nabi Musa AS kemudian mewarisi tradisi berpuasa. Menurut para ahli tafsir, Musa dan kaum Yahudi melaksanakan puasa selama 40 hari (QS al-Baqarah: 40). Salah satunya, jatuh pada 10 Muharram, sebagai ungkapan syukur atas keselamatan mereka dari kejaran Firaun dan bala tentaranya.

Puasa 10 Muharram ini dikerjakan oleh kaum Yahudi Madinah. Rasulullah SAW lantas menegaskan, umat Islam lebih berhak berpuasa 10 Muharram ketimbang Yahudi. Untuk membedakannya, Beliau SAW mensyariatkan puasa sunah pada 9 dan 10 Muharram. Selain untuk membedakan dengan puasa Yahudi, juga sebagai ungkapan simbolik kemenangan kebenaran atas kebatilan.

Dari sekian banyak pembahasan soal Ramadhan hampir tak ditemui adanya penegasan korelasi antara puasa dan kemenangan. Sebab, hikmah terpenting puasa adalah merealisasikan ketakwaan kepada Allah SWT (QS al-Baqarah: 183). Kadar takwa ini hendaknya terefleksi dalam sikap dan tingkah laku, yakni melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Kaum Muslim seyogianya menyadari bahwa puasa adalah ibadah yang pelaksanaannya menuntut keimanan dan kesadaran. Dus, jangan berharap bahwa puasa itu untuk meraih kemenangan. Bukankah Allah mengingatkan, tujuan puasa adalah demi perubahan ke arah yang lebih baik. Puasa dapat mengakselerasi perubahan seorang Muslim menjadi mukmin yang muttaqin. Soal ganjaran dan pahala, biarlah Dia yang membalas.

No comments: